East Kalimantan Programme

November 26, 2007

East Kalimantan Programme


Kinderdijk

July 19, 2007

Last week, I visited Kinderdijk, one of UNESCO World Heritage in The Netherlands. Kinderdijk known as the only place in The Netherlands, even in the world, with many windmills (about 19 windmills) exist in one place. They have been well preserved to the present day.

 If you are talking about windmill, your mind will connect you to the Netherlands. Finding windmill in the Netherlands maybe easy, because in every city or on the way using train or car, there is a windmill stands as a symbol of the Netherlands. But if you want to take a picture with a lot of windmill, than you have to go to Kinderdijk. There is another place with some windmill, it is Zaanze Schans also in Netherlands, but not as many as Kinderdijk.

Read the rest of this entry »


Ghent

July 5, 2007

Ghent atau Gent dalam bahasa setempat, merupakan kota yang berada di Belgia. Gue belum pernah denger kota ini sebelumnya, kecuali cerita yang gue denger dari mas hartanto. Kota terkenal di Belgia yang gue tahu cuman Brussel, Antwerpen atau Brugge (maklum orang kampung… hehehe). Ternyata kota Ghent menyimpan keindahan tersendiri, dengan banyak bangunan tua dan cerita tentang kehidupan kota itu sendiri.

Kebetulan WRS Departement di ITC mengadakan excursion selama 2 hari di kota ini. Sebelum berangkat ke Ghent, gue mempersiapkan diri dengan membeli kamera digital baru CANON Digital IXUS 70 untuk mencoba menangkap keindahan kota tersebut. Ternyata memang kotanya cantik banget.  Setiap sudut memberikan tampilan gedung-gedung tua yang sangat menarik untuk diabadikan dalam sebuah foto. Tetapi…….. sebelum gue bisa banyak mengambil foto, muncul tanda peringatan “low batere”….s**t. Ternyata gue lupa charger baterenya , setelah sebelumnya kamera gue pake untuk foto-foto pindahan Trias ke Indonesia. Sudahlah, tidak banyak sudut kota yang bisa gue ambil. Gue cuman bisa gigit jari aja, sambil melihat-lihat suasana kota, dan ikut mendengarkan cerita yang diberikan oleh Mrs. Tour Guide.

Read the rest of this entry »


Belajar bahasa Belanda

June 29, 2007

Banyak pertanyaan datang ke gue, “udah bisa bahasa Belanda?”. Kalau dijawab belum, pasti ditanya lagi deh, “loh kan pernah tinggal di Belanda, ko’ engga bisa bahasa Belanda”.  Ampuun..susah jawabnya….

Tapi sekarang, belajar bahasa Belanda bisa dilakukan lewat internet ko’. Loh caranya.?? gampang klik aja link di bawah ini, lumayan dapat membantu kita belajar bahasa Belanda (minimal buat gue sih cukup membantu…hehehehe)…selamat mencoba.

A Crash-course Dutch for distance learners

Learn Dutch

Atau kalau kesulitan untuk mencari kamus Belanda, silahkan klik link berikut ini…cuman belum nemu yang Indonesia-Belanda….hehehe

AltaVista


Dank U wel, Meneer Herman

June 28, 2007

Namanya adalah Herman Joostens. Gue pertama kali ketemu saat kita berangkat ke Utrecth untuk mengikuti defense PhD-nya Trias. Orangnya sangat ramah dan bisa berbahasa Indonesia sedikit-sedikit. Dia ditemani oleh istrinya Gerda Joostens-de Jong.  Selama perjalanan, topik yang menarik bagi dia adalah tentang Indonesia, mulai dari sejarah, orang Indonesia, politik, dan hal lain yang menyangkut Indonesia. 

Hari kamis, 28 Juni 2007, jam 06.30 malam waktu Enschede, tiba-tiba dia mengetuk kamar apartemen gue (tepatnya memencet bel..hehehe). Ternyata, dia mengajak gue untuk melihat International Festival yang sedang berlangsung di Centrum, Enschede. Wah, kaget juga, padahal kita baru sekali ketemu, cuman gue langsung aja setuju. Memang gue tadinya ada rencana mau liat festival itu sih, cuman engga ada temen aja, begitu ada yang ngajak, ibarat pepatah: pucuk dicinta ulam tiba…hehehehe.

Read the rest of this entry »


Perjalanan ke Gunung Merapi….part 2

December 21, 2006

merapi_02.jpgKisah berikutnya adalah saat kita turun dari wilayah wisata Bebeng yang sudah hancur terbakar awan panas. Selama perjalanan tidak ada mobil ataupun motor hilir mudik di jalan, jalanan sangat sepi. tetapi kita bertemu dua orang perempuan setengah baya yang kemudian memberhentikan mobil kita.

ibu-ibu: “Pak, mau turun ke bawah yah, kami boleh ikut sampe ke…..(nama tempat pengungsian..saya lupa hehe..)”

kita: “Boleh bu..mari ikut

Read the rest of this entry »


Perjalanan ke Gunung Merapi….part 1

December 20, 2006

merapi_012.jpgKegiatan ini saya lakukan pada bulan Juni 2006 yang lalu, kebetulan saya ada survey lapangan ke wilayah Gunung Merapi dan sekitarnya. Pada saat itu, awan panas Gunung Merapi baru saja menelan korban para relawan yang terperangkap di Bunker yang seharusnya menjadi tempat perlindungan bagi mereka. Disini saya tidak akan bercerita tentang nasib relawan tersebut, tetapi cerita lain yang bagi saya bersifat mistis tapi itu terjadi……

Read the rest of this entry »


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.